Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Oi Bukan Singkatan Orang Indonesia

18 Tahun telah di dirikannya organisasi kemasyarakatan yang di beri nama Oi, namun masih banyak masyarakat yang belum tahu apa sebenarnya arti nama Oi itu sendiri, sehingga kami mencoba memaparkan sejarah awal berdirinya atau didirikannya Ormas Oi, kami kutip dari TablOi informasi terkait sejarah di dirikannya Ormas Oi.

Awal-awal berdirinya Oi, banyak orang yang mengatakan singkatan dari Oi adalah Orangnya Iwan Fals, Om Iwan, Organisasinya Iwan Fals, Orang Indonesia dan macam-macam deh. Cerita ini sekedar untuk mengingatkan, kalipertama Munas Oi digelar pada tahun 2000, selama empat hari, 16 hingga 19 April 2000 di rumah Iwan Fals di Desa Kadal Meteng, Leuwinanggung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Munas Oi Ke I diikuti 40 kontingen yang diwakili oleh tiga orang utusan dari tiap Oi Kota. se-Indonesia menggambil tema "Membangun Kebersamaan di Antara Perbedaan".

Munas Oi ke I dibuka oleh Iwan Fals dengan ditandai pemukulan kentongan. Dalam Munas Oi Ke I ada tiga Oi Kota yang tidak bisa hadir yaitu dari Provinsi Aceh, Maluku dan Irian Jaya. Sedangkan perwakilan dari Oi Kota Solo yang mengikuti Munas Oi yaitu Hoss Markito (Komisi Organisasi/Manajemen), Nanda Jembung (Komisi Perniagaan/Pembinaan) dan Arief Budi S (Komisi Anggaran/Modal).

Munas Oi ke I, dipimpin Khair Syukarti (Oi Sinjai, Sulawesi) dan dibentuk tiga fraksi (tiap fraksi beranggotakan 10 orang yang mempunyai visi dan aspirasi yang sama) yaitu Fraksi Bongkar, Fraksi Hijau dan Fraksi Belum Ada Judul.

Pada Munas Oi Ke I, Iif Ranupanie dari Oi Jambi terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Oi untuk periode 2000-2003.

Oi adalah Seruan Untuk Bersatu.....



Keputusan dalam Munas Oi Ke I antara lain, bahwa Oi bukan singkatan Orang Indonesia. Kata Orang Indonesia hanya dipakai untuk YOI (Yayasan Orang Indonesia). Oi berdiri sendiri terpisah dari YOI (Yayasan Orang Indonesia). Dan berdasarkan dengan AD/ART, Oi berasal dari seruan oooiii… seperti orang memanggil dari kejauhan. Oi adalah seruan untuk bersatu.. (Oi Bersatulah…). Oi bisa tumbuh dan berkembang tanpa fanastisme pada Iwan Fals, tetapi pada rasa bersatu dan kebersamaan dalam perbedaan. 
  
Oi adalah organisasi masyarakat yang didirikan oleh Iwan Fals Fans Club yang keanggotaannya tidak hanya dari Sabang sampai Merauke tetapi dari Kutub Utara sampai Kutub Selatan. Nah, itulah sebagian keputusan dalam Munas Oi Ke I 2000.
Dan yang tidak terlupakan oleh Oi, setelah para anggota Oi ber-Munas ria di rumah Iwan Fals. Bersama sekitar 1.000 anggota Oi, dari 23 Provinsi (76 Oi Kota), mereka mengikuti Jambore Nasional Oi yang pertama di Bumi Perkemahan Cibubur selama tiga hari, 21-23 April 2000. Ok kita kembali ke cerita Munas Oi..

Iif Mundur

Dinamika dan perjalanan Oi kembali menerima tantangan dengan mundurnya Iif Ranupanie sebagai Ketum Oi pada November 2000, karena faktor kondisi kesehatan. (Buletin KLiP Oi, edisi No 001 TH I/I 2001/22/1/2001). Kemudian BPP Oi menyelenggarakan Munas Luar Biasa (Munaslub) Oi pada 25-26 Maret 2001 di Sekretariat BPP Oi, rumah Iwan Fals, Desa Leuwinanggung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Dalam Munaslub tersebut terpilih Pudji Pamungkas dari Oi Tasikmalaya sebagai Ketua Umum Oi periode 2001-2003 menggantikan Iif Ranupanie.

Pudji Pamungkas (kiri) dari Oi Tasikmalaya terpilih sebagai Ketua Umum Oi periode 2001-2003 dalam Musyawarah Nasional (Munaslub) Oi 2001 di rumah Iwan Fals, Cimanggis, epok, Jawa Barat. Pudji menggantikan Iif Ranupanie yang mundur dari Ketum Oi, karena alasan kesehatan

Pada penyelenggaraan Munaslub Oi 2001, juga mengalami dinamika dan tantangan. Karena keterbatasan dana, lokasi Munaslub Oi yang rencananya digelar di Lembah Safari Kencana, Cisarua, Bogor dipindahkan ke Gedung Kesenian Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Dan finalnya, lokasi Munaslub Oi dilakukan di Sekretariat BPP Oi, Desa Leuwinanggung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat

Biar Tidak Lupa

Munas Ormas Oi ke 1 Tahun 2000


Sekedar untuk catatan dan biar tidak lupa, Ketum Oi Ke-1, Kresnowati terpilih dalam Silaturahmi Nasional Oi pada 16 Agustus 1999 di rumah Iwan Fals. Tahun 2000 diselenggarakan Munas Oi yang pertama dan terpilih Iif Ranupanie sebagai Ketum Oi periode 2000-2003. Tetapi pada November 2000, Iif mengundurkan diri dari Ketum Oi, karena alasan kondisi kesehatan.

Maka tahun 2001 digelarlah Munaslub Oi, dan terpilih Pudji Pamungkas sebagai Ketum Oi 2000-2003.

Munas Oi Ke II 2003 diselenggarakan di Palembang, terpilih Digo Dz sebagai Ketum Oi (2003-2006). Munas Oi III 2006, digelar di Bandung, Digo Dz terpilih kembali sebagai Ketum Oi untuk periode 2006-2009. Dan pada Munas Oi Ke IV 2009 di Kediri Jatim terpilih Sony Teguh Trilaksono sebagai Ketum Oi untuk 2009-2013. Lalu pada tahun 2013 Munas Oi ke V diadakan di Jakarta Timur, terpilih sebagai Ketua Oi periode 2013-2017, Rosana Listanto (istri dari Iwan Fals).

Dan tak lama lagi akan dilaksanakan Munas Oi ke VI di Lampung pada tanggal 21-23 April 2017 mendatang. Mari kita sambut Munas Oi ke VI dan mempersiapkan diri sedini mungkin, tidak buru-buru, agar kita dapat mengikuti jalannya Munas Oi VI 2017 dengan lebih baik.. Dan yang penting jangan malu belajar pada orang lain dalam menjalankan organisasi Oi. Utamakan Oi bisa bermanfaat untuk orang lain, syukur-syukur lingkungan sekitarnya, dan Indonesia ….

Merdeka… tetap semangat Oi…

sumber : tablOi 
Kembali
« Prev Post
Lanjutkan
Next Post »

ads